Berita | DP3AP2KB

DP3AP2KB NEWS
Statement Ibu Bintang Puspayoga selaku MENTERI PPPA RI

Perkawinan anak tidak hanya berbahaya dari segi kesehatan baik fisik maupun psikis namun juga akan berdampak buruk pada masa depan anak. Baik dalam akses pendidikan kerentanan mengalami kekerasan melanggengkan kemiskinan antar generasi hingga resiko kematian ibu. Maka tidak heran jika perkawinan anak harus di cegah dan dihentikan sebagaimana salah satu agenda prioritas saran Bapak Presiden yang diamanatkan kepada Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dapat menjadi acuan daerah dalam membuat program-program dan kebijakannya. Sayangnya berbagai faktor seperti maraknya kampanye nikah muda dimedia sosial, belum maksimalnya sosialisasi perubahan undang-undang tentang perkawinan dimana batas minimal usia perkawinan anak saat ini menjadi 19 baik laki-laki maupun perempuan serta bencana pandemi yang melanda justru membuat terjadinya lonjakan perkawinan anak dan dispensasi kawin sepanjang tahun 2020 di berbagai daerah salah satunya di provinsi Jawa Tengah.

Sebagai bentuk komitmen pencegahan perkawinan anak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menginisiasi gerakan bersama Jo Kawin Bocah dalam melakukan berbagai kegiatan pencegahan, penanganan, dan publikasi secara masif dengan melibatkan semua stickholder dan pentahelix hingga ketingkat Kabupaten Kota diantaranya dengan di buatnya APEMKETAN Aplikasi Pemantauan Perempuan dan Anak Kelompok Rentan dengan Care Center Jo Kawin Bocah.

Saya Bintang Puspayoga beserta jajaran Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengajak bapak ibu saudara-saudara semua agar turut serta berperan aktif dalam menyukseskan gerakan Jo Kawin Bocah. Saya yakin suksesnya program daerah dapat menjadi inspirasi bagi daerah lainnya untuk membangun kekuatan bersama dalam melawan perkawinan anak di Tingkat Nasional. Mari kita saling mendukung dan mendorong pemenuhan hak dan perlindungan anak demi mewujudkan sumber daya unggul Indonesia Maju  

Tinggalkan Komentar

komentar anda akan kami filter terlebih dahulu