KREATIF MENGOLAH MENU SEHAT UNTUK KELUARGA SELAMA DI RUMAH SAJA

Sejak muncul pandemic Covid 19, Pemerintah memberikan peraturan Untuk mengurangi dampak penularan dengan berada di rumah.  Selama berada di rumah, terjadi perubahan kebiasaan dan perilaku di dalam keluarga.  Biasanya masing-masing anggota keluarga beraktivitas di luar rumah seperti sekolah, bekerja. Saat ini frekuensi berada di rumah lebih besar dibanding sebelumnya sehingga terdapat tantangan yang dihadapi oleh keluarga terutama tentang pengolahan makanan.

Layanan Puspaga Jawa Tengah menerima cerita dari para orangtua yang menjadi merasa bosan, mengalami stres ketika menghadapi proses adaptasi dengan situasi baru.

Iya nie aku dan anakku jadi doyan ngemil. Gimana ya soalnya aktivitas di rumah terus

Aduuuh hampir tiap jam minta jajan ini anakku, Aku jadi bingung nie bikin menu apa lagi ya

Menurut Wening Andarsari di sesi kuliah whatssapp bersama Puspaga Jawa Tengah menyebutkan bahwa perlu ada upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Orangtua perlu belajar mengelola makanan yang sehat dan berkualitas untuk keluarga khususnya ketika pandemik. Menjaga asupan nutrisi bagi anak-anak sangat penting  karena daya tahan tubuh perlu dijaga agar tubuh kuat.

Orangtua memiliki peran yang sangat penting karena sebagai  garda terdepan pemenuhan gizi. Langkah awal melalui menyadari perubahan perilaku makan yang muncul  di keluarga apakah menjadi suka mengudap makanan,  nafsu makan anak meningkat, apakah menjadi sering membuka lemari es bentar-bentar ke dapur cari makanan. Perhatikan jika anak mengalami perubahan perilaku menjadi suka ngemil, ingin jajan. Kemungkinan karena kegiatan yang monoton serta  tanda anak kekurangan zat gizi tertentu

Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat selama pandemik adalah makan makanan yg sehat dan baik. Makanan yang sehat dan baik untuk daya tahan tubuh terdapat kandungan Vitamin A,B,C,D,E, zinc, protein, probiotik. Jadi sebaiknya selalu sediakan menu/makanan yang mengandung zat gizi tersebut di semua sayur, buah, serealia, padi-padian, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, ikan, tahu, jamur, tempe, yoghurt, kurma, dan rempah-rempah.

Tips Pengolahan yang baik untuk makanan Dari Wening Andarsari

  1. Usahakan Mengolah Makanan Secara Alami. pengolahan makanan dengan cara yang alami seperti irebus/dikukus/dimasak dengan suhu kurang dari 40°C.
  2. Sebaiknya hindari konsumsi makanan dengan cara digoreng karena zat gizinya akan rusak ketika proses penggorengan. Dalam proses penggorengan suhu  mencapai lebih dari 100° C menggunakan minyak dengan titik didih rendah sehingga mudah berubah menjadi zat karsinogen untuk tubuh. Makanan yang dikonsumsi dengan digoreng secara terus menerus dapat menurunkan daya tahan tubuh.    
  3. Selalu sediakan makanan yang benar-benar segar
  4. Terjangkau dan mudah diolah. . Tidak perlu menggunakan bahan makanan yang mahal
  5. Bersih dan Higienis. Selama masa pandemik kita harus memberikan waktu lebih pada proses membersihkan bahan makanan sebelum disimpan/dimasak terutama bila bahan makan tersebut dibeli, bukan dari tanam/panen di kebun milik sendiri. Segera bersihkan bungkus bahan makanan dan segera tempatkan atau ganti di tempat baru yang lebih bersih.
  6. Untuk menu makanan sehari-hari dapat disesuaikan dengan selera keluarga.  Gunakan bahan makanan yang lokal karena Indonesia kaya akan bahan makanan dan rempah-rempah.

 

Ditulis kembali oleh Arum Sukma Kinasih,M.Psi.,Psikolog

Diambil dari kegiatan kuliah Whatssapp kolaborasi Puspaga Jawa Tengah bersama mbak Wening Andarsari, 24 April 2020. Mbak Wening adalah pemilik sebuah catering dan cakery menu yang sehat alami untuk keluarga bernama Kitchen Corner

Comments (0)

Postingan Terkait

Puncak Hari Anak Nasional

Dalam rangka Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Jawa Tengah, akan diselenggarakan Webinar " *Anak Cerdas dan Kreatif, Jawa Tengah Maju* " dengan Keynote Speech : Bapak Gubernur Jawa Tengah
Narasumber:
1. Ibu Atikoh Ganjar Pranowo (Ketua…

Posted |

Anak Cerdas dan Kreatif Jawa Tengah…

Dalam rangka Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Jawa Tengah, akan diselenggarakan Webinar " *Anak Cerdas dan Kreatif, Jawa Tengah Maju* " dengan Keynote Speech : Bapak Gubernur Jawa Tengah
Narasumber:
1. Ibu Atikoh Ganjar Pranowo (Ketua…

Posted |