Berita | DP3AP2KB

DALDUK-KS
Fasilitasi Pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di SMA N 1 Pemalang

Kegiatan Fasilitasi Pembentukan Sekolah siaga kependudukan yang laksankan di SMA N 1 Pemalang pada tanggal 12 April 2021, yang dihadiri oleh 30 (Tiga Puluh) orang peserta yang terdiri dari: 20 (Dua Puluh) peserta dari unsur Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran yang dapat di integrasikan dengan materi pendidikan kependudukan. 10 (sepuluh) peserta dari unsur Pembina dari OPD Kabupaten dan PKB/PLKB Pembina Wilayah Kecamatan.
Di Kegiatan tersebut mengundang narasumber Kepala SMA N 1 Kendal Ibu Yuniasih, S.Pd, M.Pd dengan Materi “ Testimoni Pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan di SMA N 1 Kendal dan Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Mata Pelajaran yang di integrasikan dengan materi kependudukan. Ibu Yuniasih, S.Pd, M.Pd menyampaikan “bahwa untuk menghadapi bonus demografi tahun 2030-2040 sekitar 67% dari total penduduk Indonesia, maka generasi muda perlu dipersiapkan agar dengan fenomena ini bisa benar-benar menjadi berkah (bonus) bukan menjadi bencana. Maksud dari Bonus Demografi adalah bahwa jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) dua kali dari pada usia non produktif (0-14 tahun dan 65 ke atas)”
Sekolah Siaga Kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran dimana didalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik. Kunci terwujudnya SSK agar sukses terbentuk adalah komitmen dan kekompakan dari semua anggota, bukan hanya kewajiban Kepala Sekolah saja. Perlu kesadaran dari berbagai pihak bahwa masalah kependudukan merupakan tanggungjawab bersama. Baik dari Pemerintah, Swasta serta Masyarakat yang memiliki tanggung jawab sama besar. Salah satu upaya Pemerintah dalam mengatasi permasalah kuantitas penduduk antara lain dengan pengendalian jumlah dan pertumbuhan penduduk. Untuk itu, sebagai upaya Pengendalian Kuantitas Penduduk, maka diadakan kegiatan Advokasi pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan.
“Gendar pecel semanggi” adalah salah satu slogan SSK di SMA N 1 Kendal Sebagai proses pojok kependudukan (Gerakan Sadar kependudukan ceria selalu dan semangat tinggi) Selogan ini dipilih agar menarik hati siswa dan mudah di ingat.
Maksud Kegiatan Fasilitasi pembentukan Sekolah Siaga kependudukan (SSK) dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masalah kependudukan pada sumber daya manusia, khususnya para siswa SMA sederajat agar mampu berperan dalam menyebarluaskan program pengendalian penduduk.
Tujuan SSK adalah :
Mengadvokasi guru dan pengawas sekolah agar mampu memberikan informasi dan permasalahan pengendalian penduduk kepada remaja di lingkungan sekolah.
Menunjang terwujudnya pertumbuhan penduduk yang seimbang sesuai dengan daya tampung dan daya dukung lingkungan.
Dari sosialisasi yang telah dilakukan, maka diharapkan SMA N 1 Pemalang dapat melakukan tindak lanjut ke depan agar SMA N 1 Pemalang bisa menjadi Sekolah Siaga Kependudukan tingkat paripurna.

Tinggalkan Komentar

komentar anda akan kami filter terlebih dahulu