Berita | DP3AP2KB

DALDUK-KS
Budidaya Lele Sistem BIOFLOC pada Kelompok UPPKS Punakawan Desa Gemampir Klaten

Memperingati Hari Perempuan Internasional, Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah melakukan beberapa rangkaian kegiatan antara lain,

Pada tanggal 5 Maret 2021 telah dilakukan zoom meeting Orientasi Kader UPPKS dengan Tema Peran UPPKS dalam Pencegahan Stunting dan Jo Kawin Bocah (diikuti oleh kader UPPKS 35 Kab/ Kota beserta 35 orang anggota UPPKS Punakawan Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, Kab. Klaten).

Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut, pada tanggal 9 Maret 2021 dilakukan penyerahan 2 buah Kolam Biofloc dengan diameter ukuran 3 meter oleh Dra. Budi Dayanti, M.Si selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah kepada kelompok UPPKS Punakawan, dilanjutkan dengan pemasangan kolam oleh anggota. Proses persiapan tebar benih selama 6 hari dilakukan melalui sterilisasi dan pembuatan floc.

Pada tanggal 15 Maret 2021 dilakukan penebaran benih lele sebanyak 3000 ekor.
Kebutuhan pakan selama 3 bulan juga diberikan oleh Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera memberikan arahan bahwa masing-masinh kolam dapat dioptimalkan menjadi 5000 ekor/kolam, oleh karena itu dihimbau partisipasi anggota untuk meningkatkan kapasitas kolam beserta kebutuhan pakan.

Selanjutnya manajemen pengelolaan diserahkan kepada kelompok UPPKS Punakawan untuk mengatur jadwal pemberian pakan, pengukuran pH air dll, sampai dengan masa panen. Tentunya kegiatan ini tidak berhenti pada saat panen namun berkelanjutan, kemanfaatan budidaya lele berdampak positif pada upaya peningkatan ekonomi keluarga, penurunan kemiskinan, penurunan angka stunting .

Demikian sekilas aktivitas kami, Sobat Penak..yuk kembangkan juga kreasi dan kepedulian Sobat Penak untuk kesejahteraan masyarakat

Selengkapnya lihat disini

Tinggalkan Komentar

komentar anda akan kami filter terlebih dahulu